Kamis, 17 Februari 2011

Go Green, Lampu Jalan yang Bisa Membersihkan Udara

Saat ini sering kita mendengar bahaya pemanasan global dan pencemaran lingkungan. Terlebih pada kota-kota besar seperti Jakarta, polusi udara sudah pada tahap kronis. Banyak upaya yang telah dilakukan, saat ini terkutat pada penghijauan atau pembuatan taman. Akan tetapi ketersediaan lahan menjadi masalah utama dalam pemenuhannya. Lalu apakah ada cara lain yang munkin bisa dilakukan? 
Teknologi adalah jawaban yang tepat. walau semua masalah ini berawal dari teknologi namun bukan berarti teknologi itu jelek terhadap lingkungan. Saat ini sedang dikembangkan konsep Biolamp, penelitian ini mungkin bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah polusi udara dikota-kota besar dan industri seperti di Jakarta. Selain sebagai penerangan jalan dapat juga sebagai pembersih udara sehingga polusi yang terjadi dapat diminimalisir. Biolamp tidak hanya ditujukan untuk membersihkan udara, namun juga bisa mengisi bahan bakar mobil-mobil ramah lingkungan. Desain ini menerapkan energi surya dan pemakaian cairan khusus untuk bisa membuatnya bekerja.

Biolamp didesain untuk mengubah karbon dioksida menjadi bahan bakar. Bahan bakar ini dipakai untuk menyalakan lampu jalan di malam hari, dan juga mobil-mobil yang ramah lingkungan. Biolamp memiliki sebuah pompa yang secara harfiah menghisap asap dan polutan lainnya dari udara. Di dalamnya ada sebuah cairan yang terbuat dari ganggang dan dicampur dengan air. Pada siang hari, Biolamp menarik asap ke dalam sistem spiralnya di mana air dan CO2 digunakan untuk mengubah ganggang menjadi sebuah biomassa. Sebagian di antaranya disimpan sebagai energi untuk menyalakan lampunya menjelang malam hari. sisa dari biomassa tersebut lalu disaring melalui sebuah sistem pipa bawah tanah ke dalam sebuah fasilitas yang akan mengubahnya menjadi bahan bakar yang bisa dipakai oleh mobil-mobil ramah lingkungan. Meski tampak rumit, terutama pipa bawah tanah yang digunakan untuk mengangkut biomassa, namun dengan kemampuannya membersihkan udara, dan menyediakan biomassa dalam jumlah tidak terbatas untuk diubah menjadi biofuel, Biolamp menjadi desain yang layak dipertimbangkan.
sumber : maniatekno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar